Pertemanan Hairuddin Barbarosa dan Seorang Yahudi

Barbarossa and Sinan


Mendengar kata Yahudi mungkin dalam ruang pikiran kita terlintas bagaimana perlakuan mereka terhadap orang-orang Palestina. Banyak orang yang tidak setuju dengan tindakan mereka terhadap penduduk Palestina. Penulispun termasuk orang yang tidak setuju dengan perlakuan mereka bahkan sampai saat ini. 

Tapi meskipun begitu saya termasuk orang yang tidak menutup hati rapat-rapat tentang hal itu. Artinya sikap anti terhadap Yahudi bisa saja berubah. Misalnya dengan melihat kembali pada beberapa hal.

Sederhananya penulis selalu terbuka terhadap apapun itu yang bisa merubah cara pandang terhadap mereka. Contohnya dengan meilhat kembali sejarah. Yahudi sekarang agaknya berbeda dengan dulu. Tentu dulu kita tidak mengenal zionis, yang bergerak dengan insting agenda politiknya. Makanya ada saja cerita sejarah baik mengenai hubungan Islam dan Yahudi pada masa lalu. Contohnya ketika Hairuddin Barbarossa berteman dengan Sinan Reis, yang notabennya adalah Yahudi.

Baca juga ini: Hairuddin Barbarossa Bagian I: Sang Kakak Aruj Reis

Pertemanan Mereka


Dua orang berjanggut ini adalah ibarat sepasang dua koin yang satu sama lain selalu bersama. Mereka adalah Hairuddin Barbarossa dan Sinan Reis. Hairuddin Barbarossa merupakan salah satu pelaut besar yang pernah ditakuti kerajaan Eropa pada abad 15-an. Khususnya di wilayah Mediterenia. 

Sedangkan Sinan Reis adalah kapten atau orang kepercayaan Barbarossa. Meskipun mereka berbeda keyakinan Hairuddin Barbarossa merupakan keturunan bangsa Turk yang hidup di Lesbos sedangkan Sinan Reis merupakan orang Yahudi yang pernah tinggal di Spanyol tapi perbedaan tersebut dicairkan dengan luas lautan yang mereka kuasai bersama. 

Dalam perjalanannya Haeruddin Barbarossa dikenal juga dengan sebutan "Pria Berjanggut merah" "bajak laut" "perompak" dan sebagainya. Bagi kalangan Eropa pada saat itu mungkin dia dianggap bajak laut tapi sebenarnya apa yang dia lakukan hanya untuk membalas kematian kakaknya yang dilakukan para pelaut dari Knight of Rhodes. Ditambah pada waktu itu kerajaan Spanyol mulai menjalankan aksi "Reconquista". Bahkan kalau kita ngeuh juga representasi bajak laut dengan orang yang berjanggut merah itu selalu tayang di beberapa film Hollywood.
By: Muhammad Zaki Al Aziz

Hai, selamat datang di website personal saya. Perkenalkan nama saya Muhammad Zaki Al Aziz, asli dari Bandung. Dulu pernah sekolah di Darul Arqam, Sastra Inggris S1 dan Sejarah Kebudayaan Islam S2 UIN. Sekarang saya adalah seorang Guru di MBS di Bandung.

Post a Comment

Post a Comment