Indonesia

Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Media Sosial Facebook Commerce


Perkembangan teknologi di era media baru saat ini semakin hari semakin terasa keberadaannya. Kehadirannya tersebut, untuk kehidupan manusia, sangatlah berarti, artinya ia memberikan kontribusi besar bagi kelangsungan hidup manusia.

Sebagaimana diketahui bahwasanya era media baru ditandai dengan semakin mudahnya proses interaksi sosial antara satu pengguna dengan pengguna lain untuk melakukan komunikasi atau aktifitas sosial. Itulah mengapa kita pada saat ini mengenal istilah media sosial.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah wahana aplikasi berbasis internet yang di bangun di atas dasar fondasi ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran antara satu pihak dengan pihak lainnya → user-generated content".[1]

Sesuai dengan namanya maka media sosial bisa pula di mengerti dengan adanya satu wahana baru yang di mana wahana baru tersebut bisa dengan mudahnya dijangkau oleh manusia. Adanya suatu proses integrasi antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya sangat memudahkan orang-orang untuk melakukan aktifitas online di media sosial.

Media Sosial Sebagai Wahana Baru Untuk Berbisnis 

Meminjam apa yang telah ditulis dalam blog lakubgt.com bahwasanya: 
"Perkembangan teknologi memberikan kemudahan-kemudahan di segala aspek, termasuk dalam dunia bisnis. Jika dulu berbisnis harus memiliki gerai atau toko, kini hanya dengan membangun ‘toko’ di internet Anda sudah dapat melakukan transaksi jual-beli."
Menyadari bahwa kehadiran media sosial telah menggantikan ruang-ruang sosial yang pernah didefinisikan para ahli sosiolog maka, pada saat ini, perhatian besar tentu tertuju pada bagaimana media sosial tersebut bisa kita gunakan sebagai wahana baru untuk berbisnis secara online. Ada pun media sosial yang paling popular untuk saat ini adalah facebook.      

Semenjak diciptakan pada tahun 2004 facebook sudah memiliki fitur-fitur yang sempurna dibandingkan dengan media sosial yang pernah meledak, yakni friendster. 

Istilah yang cocok untuk menyebut facebook sebagai lapak untuk berbisnis adalah dengan istilah facebook Commerce. Dimana kita tidak hanya menggunakan facebook sebagai ajang curhat semata melainkan memanfaatkan fitur-fitur lain-nya semisal page, menandai, share dan facebook iframe.

Meskipun begitu tidak semua orang tahu bahwa di dalam facebook terdapat fitur yang bisa dijadikan lapak seperti kita memiliki sebuah website atau toko online. Bagi sebagian orang mungkin fasilitas facebook hanya sampai pada fan page saja, artinya mereka hanya menggunakan fitur update status, tag produk terbaru lewat foto dan sebagainya.

Lalu apa yang dimaksud dengan Facebook Commerce?  

Cara meningkatkan penjualan online dengan media sosial Facebook Commerce barangkali merupakan salah satu fitur facebook yang bisa digunakan untuk membuat toko online murah. Hanya dengan mempunyai akun facebook saja kita sudah bisa mempunyai toko online murah dengan kualitas yang menakjubkan.

Facebook commerce adalah aplikasi yang dikembangkan oleh lakubgt.com dan larisbgt.com.

Berikut adalah penjelasan sedikit mengenai facebook commerce:

Pertama, Oleh karena facebook commerce hanya bisa di integrasikan lewat fan page, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membuat laman page sesuai dengan perusahaan yang kita miliki.

Untuk tutorial cara membuat facebook commerce akan dibahas dibawah.

Setelah kita mempunyai fan page untuk produk barulah kita bisa memulai membuat facebook commerce sebagai toko online murah yang bisa di akses dengan mudah melalui media sosial.

Kedua, facebook commerce mempunyai visi dan target yang sangat terarah. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwasanya facebook merupakan media sosial yang paling banyak mempunyai penggunanya, maka dengan memiliki facebook commerce, toko online murah kita telah dibekali dengan beberapa fitur yang sudah dipikir dengan seksama.

Fitur yang paling canggih dari facebook commerce adalah responsive desain. Fitur yang memungkinkan toko online murah kita bisa diakses baik menggunakan komputer, notebook, laptop, smartphone bahkan mobile phone.

Sebagaimana kita tahu bahwa pengguna facebook Indonesia menempati urutan ke tiga diseluruh dunia, hal itu menandakan bahwa facebook sudah menjadi bagian aktifitas keseharian yang selalu di lakukan pengguna baik melalui komputer atau perangkat mobile phone/smartphone.

Oleh karena itu fitur yang responsive, yang ada di dalam facebook commerce ini, akan sangat bermanfaat untuk melancarkan marketing produk yang ingin dikembangkan.

Selain toko online murah kita bisa diakses dengan menggunakan perangkat yang berbeda, facebook commerce mempunyai fitur SEO yang membantu toko online murah yang kita kelola dapat dengan mudah ditemukan dalam search enggine, semisal Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. Sehingga ketika orang mengetikan keyword, contoh baju, maka toko yang kita kelola akan dengan mudah ditemukan.

Ketiga,  facebook commerce mempunyai admin panel yang bersahabat, artinya, di dalam mengatur toko online murah tersebut kita tidak perlu mahir di dalam segi coding atau bahkan PHP.

Dalam admin panel, yang bisa di akses di lakubgt, kita hanya perlu menyiapkan produk-produk andalan, bisa berupa foto menarik, yang akan ditayangkan dalam toko online murah. Setelah itu kita hanya perlu mengupload semua foto tersebut kepada admin panel yang kita punya. 
Just use your imagine to create good design
Di dalam admin panel, kita juga bisa dengan leluasa untuk mengatur tampilan layout sesuai dengan keinginan sendiri. Kita bisa mengedit tampilan slider dengan gambar yang memikat para pengunjung atau dengan gambar produk/perusahaan kita yang sangat menarik.

Keempat, facebook commerce memiliki fungsi notifikasi jual beli yang sangat mudah untuk di fungsikan. Adapun fitur-fitur yang ada didalam facebook commerce bisa dilihat dibawah:

  1. Proses pembayaran dengan menggunakan sistem Ipaymu dan Paypal yang sudah terintegrasi dengan 137 Bank yang ada di Indonesia.
  2. Facebook commerce memiliki fitur Escrow, yang sudah otomatis ada di dalam toko online murah milik kita, atau fitur rekening bersama. Fitur ini memungkinkan tidak terjadinya penipuan oleh pembeli nakal dan juga memudahkan proses jual beli.
  3. Facebook commerce di bekali dengan sistem notifikasi atau pemberitahuan transaksi melalui email. Form lengkap data-data pembeli yang ada di dalam sesi pembayaran, akan memudahkan kita dalam menerima dan meneliti isi email yang masuk ke dalam inbox email.
  4. Facebook commerce juga sudah dilengkapi dengan fitur shipping integration, yakni kita, sebagai seorang admin, tidak usah bersusah payah menghitung ongkos kirim. Dengan adanya fitur shipping integration ini semuanya sudah teratur secara otomatis. 
Kelima, facebook commerce telah terintegrasi facebook analytic, yang dimana admin akan dengan mudah memonitoring traffic/pengunjung yang berkunjung ke lapak online yang dimiliki. Dengan facebook analytic ini admin bisa dengan mudah mengidentifikasi produk mana yang sering di klik atau dlilihat. Dan hal ini memudahkan kita untuk menyusun strategi marketing dan pemasaran untuk produk selanjutnya. 

Keenam, yang terakhir adalah bagaimana mempromosikan bahwa ada produk terbaru dari toko kita? Adalah dengan menggunakan fasilitas umum yang sudah ada di dalam facebook, yaitu tagging. Hal ini memudahkan kita untuk memberitahukan produk terbaru kepada orang lain.

Affiliasi Toko Online

Sebagaimana bisnis online lain-nya, ketika membuat facebook commerce kita bisa mendapatkan keuntungan lebih selain dari penjualan toko online yang kita buat, yaitu dengan adanya sistem affiliasi toko online. Sistem ini merupakan sistem yang selalu ada dalam membangun bisnis networking.

Dengan adanya sistem affiliasi toko online, kita bukan saja membantu orang-orang dalam membangun bisnis mereka melainkan kita juga mendapatkan keutamaan setimpal dalam mengenalkan facebook commerce ini dengan sistem affiliasi toko online.

Pendaftaran dan Tips

Lalu sekarang bagaimana cara untuk mendapatkan fitur facebook commerce ini?
  1. Mempunyai akun facebook dan fan page facebook
  2. Silahkan buka website lakubgt.com dan mulailah untuk mendaftarkan pada sesi "buka toko sekarang"
  3. Setelah itu maka kita disuruh untuk "login with facebook" klik dan lanjutkan
  4. Masukan data-data toko anda dan alamat lengkapnya
  5. Lalu integrasikan toko online yang dibuat tadi dengan page facebook yang ada difacebook kita
  6. Setelah semua beres maka akan muncul tampilan "Add page to tab"
  7. Untuk mengedit dan memasukan input produk bisa dilakukan di website lakubgt.com
  8. Well semuanya beres dan tinggal jualan deh :)

Kalau belum mengerti, kalian bisa melihat tutorial pembuatan toko online murah ini dalam bentuk video dan bentuk pdf yang bisa didonlod disini:




Tips Mengawali Bisnis Online

  • Kenalkan produk melalui facebook
  • Suruh mereka untuk me-like fan page yang kita buat untuk toko online
  • Berikan reward atau hadiah sebagai daya tarik
  • Share produk terbaru melalui media sosial lainnya
  • Dan tetap berusaha :)
Harapan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kehadiran facebook commerce ini, menurut saya pribadi, sangat perlu untuk dicoba oleh orang-orang yang suka berbisnis melalui media sosial, khususnya facebook.

Selain dari segi harganya murah dan terjangkau, fitur yang ada didalam facebook commerce sudah bisa dibilang paling komplit.

Cara kerjanya pun tidak seribet bagaimana kita mengelola sebuah website. Karena pada dasarnya facebook commerce ini dibuat untuk memudahkan orang-orang yang ingin melebarkan bisnisnya di dunia online. Saya berharap apa yang saya tulis di atas dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memudahkan mengembangkan bisnis online.

So, what are you waiting for? Segera kunjugi website lakubgt.com dan daftarkan diri anda menjadi salah satu pengusaha online yang sukses :)

Untuk informasi lebih lanjut lihat gambar yang tertera dibawah ini:



Refferensi:

http://lakubgt.com
http://ebizmba.com/articles/social-networking-websites
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial


Share this post

Post a comment

  1. wah... mantab artikelnya,panjang lebar dan luas banget penjabarannya,saya izin copy yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia silahkan :)
      Jangan lupa keaslian-nya yah!

      Delete
  2. Replies
    1. Sama-sama Mang :)
      Semoga Bermanfaat, Amin.

      Delete
  3. Replies
    1. Bisnisin aja kang, sebarin artikel ini :)

      Delete
  4. Lakubanget sebetulnya gratis setahun selanjutnya berbayar kan, tapi cukup menarik buat dicoba buat memperluas jaringan konsumen

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia itu kan namanya strategi :)
      Sama-sama.

      Delete
  5. affiliasinya lumayan tuh, bisa sampe 500rebu :P

    sukses gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia lumayan mas bima :)
      Yok ayok dapatkan fee mu..

      Delete

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post