Indonesia

Jihadis Amerika: Eric Harroun, Perjalanan dan Kematiannya

"Saya bergabung dengan Free Syrian Army untuk melawan rezim Assad. Disini saya banyak bertemu dengan berbagai komunitas agama, ada dari kristen dan Islam"

Kutipan kata diatas adalah berasal dari seorang Eric Harroun, seorang mantan tentara Amerika yang bergabung dengan FSA untuk melawan tirani pemerintah Suriah dibawah kepemimpinan Bashar Assad. Keberadaan Eric Haroun didalam peperangan ini mempunyai alasan yang panjang termasuk alasan yang pernah ia buat untuk membela Suriah dengan mengatakan bahwa kakeknya berasal dari Suriah. 

Eric Harroun sebelum memutuskan untuk bergabung dengan FSA, ia seringkali melakukan perjalanan yang tidak biasa. Tujuan-tujuan yang sangat disukai Eric Harroun adalah timur tengah, khususnya di Mesir. Dan di Mesir inilah nampaknya Eric Haroun memutuskan untuk menjadi seorang muslim. Meskipun begitu kemusliman Eric Haroun tidaklah sempurna seperti yang pernah ia katakan bahwa aku muslim tapi aku juga sering minum dan lain-lain.

Situasi Mesir yang mencekam tidak membuat Eric Harroun takut, malahan ia ikut bergabung untuk menyuarakan suara pro rakyat. Nyatanya sejak dari sinilah kemungkinan ia mempunyai niat yang besar untuk terbang ke suriah melawan tirani yang sedang berkuasa.

Eric Harroun berperang di Suriah selama dua minggu. Sebelum akhirnya dia memutuskan untuk kembali ke Amerika Serikat terkait dengan pemberitaan dirinya yang, katanya, tengah diinvestigasi oleh FBI. Hal ini tidaklah beralasan mengingat keberadaan Eric Harroun yang sempat terlihat dalam beberapa video peperangan yang ia buat sendiri ketika berada di Suriah. Apalagi sikap Amerika yang pada saat ini tidaklah mencerminkan seperti keadaan semula, yang dicitrakan akan memihak para oposisi di Suriah.

Eric Harroun ditemukan meninggal secara misterius pada tanggal 8 April 2014 dirumahnya sendiri. Tidak ada yang tahu penyebab kematian Eric Harroun namun yang pasti kitapun pasti mengira bahwa kemungkinan besar kematian Eric Harroun adalah salah satu ketakutan Amerika dalam menghadapi mantan tentaranya yang berpihak pada pihak yang "salah".

Video dibawah ini adalah dokumentasi perang yang dibuat oleh Eric Harroun sendiri. Dari semenjak ia mendeklarasikan diri berperang melawan Assad, bisa dilihat dalam video, sampai pada video yang memuat jatuhnya helikopter tentara rezim di wilayah Suriah.




Rest in Peace Eric Harroun. May what you did in Syria will inspired all people in the world. To get lost for tyranny and destroy bad hegemony.

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post