Menulis; Mendamba Hikmah di Bulan Ramadhan 1433 H

Assalamualaikum wr.wb para pengunjung blog Zakii Aydia. Semoga limpahan ruah rezeki serta merta hidayah akan senantiasa menjadi penyejuk dalam kehidupan yang diberikan Allah Maha mulia. Dan semoga juga kita selalu bersyukur atas segala waktu yang masih bisa kita alami sampai sekarang, sebelum deru nafas ini terhenti maka sang pemberi nafas sntiasa mengingatkan kepada kita bahwa amasih ada waktu yang bisa dijadikan bekal untuk kehidupan abadi kelak.

Dengan segala rasa bahagia saya masih bisa diberi umur untuk menikmati bulan yang sangat dinanti, bulan yang ibarat adalah sebagai bulan penuh keberkahan, bulan dimana manusia bisa meningkatkan iman dan taqwanya dengan menjalankan perintahNya.


Saya, anda, dan seluruh masyarakat muslim pastilah merindukan bulan yang penuh hikmah ini. Bulan ramadhan telah menjadi buah rindu yang selalu dinanti untuk dipetik. Namun untuk mendapatkan rasanya manusia haruslah senantiasa melakukan perintah-perintah yang telah dianjurkan seperti; berpuasa, melaksanakan tarawih dan senantiasa mendekatkan khazanan diri dengan membaca Al-quran.

Berbagai aktivitas selain yang diatas adalah sebagian dari apa yang bisa kita lakukan untuk mengharap ridhanya. Berbagai kegiatan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk bisa lebih mendekatkan diri terhadap sang pencipta kita. 

Oleh karena itu saya pribadi mempunyai jadwal kegiatan yang dikira bisa bermanfaat untuk diri pribadi dan semua orang. Dengan memanfaatkan fasilitas ngeBlog didunia maya, saya yang mempunyai hobi membaca, menafsir lantas menulis ingin mengisi hari-hari selama ramadhan dengan menulis serangkaian sejarah dan kisah-kisah yang bersangkutan mengenai Islam.

Lalu lantas mengapa sejarah dan kisah? Karena hal yang seperti demikianlah salah satu sebagai pengingat kita bahwa sejarah dan kisah itu bukanlah sebuah bingkai kosong yang dipandang tidak memberi suatu rasa. Melainkan sejarah dan kisah adalah suatu hikmah yang bisa menjadi pembelajaran bagi ummat manusia semesta alam. Laksana cermin yang bisa melihat diri manusia jauh dalam rentan waktu yang telah berlalu namun pada setiap sejarah dan kisah yang berlalu akan tetaplah ada suatu esensinya, yakni menggapai sebuah kehidupan yang harmoni dunia dan akhirat.

Untuk lebih membatasi apa yang harus ditulis mengenai Islam - yang terbentang lebar - dan dihadirkan maka saya hanya membatasi untuk menulis tentang Sejarah, peradaban, kisah nabi dan hikmah yang bisa diambil. Untuk metodenya sendiri saya menggunakan khazanah hadits dan tulisan terkait dari sarjana muslim lainnya serta artikel lainnya sebagai refferensi, menganalisanya secara ringan dan mengambil setiap kesimpulan yang bisa dijadikan hikmah.

Apatah, saya menghaturkan maaf kalau semua yang diatas itu jauh dari sempurna karena niat saya hanyalah ingin senantiasa memperkaya diri ini yang masih memerlukan secerca cahaya terang dari sang maha kuasa. Sembari mengisi bulan yang penuh hikmah saya berusaha untuk mengisi hari-hari ini dengan berbagi sejarah dan kisah yang penuh hikmah.

Marhaban ya Ramadhan 1433 h. Semoga senantiasa kita semua berada pada terang benderang tuntunanNya. Dan senantiasa dberi kemudahan untuk menggapai surga yang didamba.