N egara dengan perkembangan yang memukau pada suatu aspek akan selalu melahirkan sisi yang menguntungkan baginya. Salah satu dari keuntungan tersebut bisa kita ambil contoh dengan tingkat perkembangan bahasa yang kian hari kian kaya kosakata. Bahasa yang dipakai oleh bangsa yang berkembang akan berkembang pula pada kosakata untuk pembedaharaan bahasa tersebut. Kenapa hal itu bisa terjadi?

 

Ada beberapa faktor yang bisa saya jelaskan sehubungan dengan hal ini. Faktor-faktor tersebut bisa kita lihat dari keadaan bangsa yang berkembang hubungannya dengan bangsa-bangsa lain. Dan juga mungkin bisa dilihat dari faktor kebahasaan itu sendiri. Baik saya akan memulainya dengan faktor pertama.

 

Keadaan bangsa yang berkembang dan maju dilihat dari peradaban yang selalu menyilaukan pada akhirnya akan membawa suatu porsi yang baru untuk bahasa yang mereka pakai. Seperti bahasa superior yang kita kenal sekarang - Bahasa Inggris - mengapa bahasa tersebut menjadi bahasa yang mendunia?

 

Karena bahasa tersebut berasal dari bangsa yang maju, bangsa yang pada zaman sekarang bisa dikatakan cemerlang dengan peradabannya. Orang amerika khususnya dan negara yang mempunyai bahasa ibu memakai Inggris dengan tingkat kemajuan tekhnologinya akan membawa dampak baru bagi bahasa yang mereka pakai. Salah satunya adalah penamaan baru bagi suatu benda yang mereka buat, ataupun suatu penemuan baru dari bidang-bidang manapun yang ditemukan oleh orang-orang Amerika khususnya dan negara yang berbahasa Ibu - Inggris -.

 

Banyak kosakata dari bahasa Indonesia yang meminjam dari kosakata bahasa Inggris, dan tidak menutup pula bagi bahasa Indonesia untuk dipinjam oleh mereka. Namun dalam hal ini kita akan lebih banyak meminjam kosakata dari bahasa mereka, oleh karena bahasa Inggrislah yang dizaman Elektronik ini menguasai dataran dunia maya. Mau tidak mau bahasa kita harus menyetujui bahwasanya bahasa Inggris benar-benar bahasa internasional.

 

Faktor yang kedua, yang berkaitan dengan kebahasaannya itu sendiri. Para sejarawan ataupun antropolog meyakini bahwasanya yang dominan itu akan selalu mengalahkan yang didominasi. Kenapa hal itu terjadi? Satu kita hidup dalam peradaban mereka, kita tidak bisa  menamai komputer dengan kotak ajaib, telepon dengan kotak suara ajaib, headshet, alat pendengar, laptop dengan kotak jinjing, keyboard dengan alat tulis buat komputer. Meskipun padanan katanya ada namun yang selalu dipakai oleh orang-orang adalah bahasa yang pertama kali dipakai. Lihat penjelasan kontak bahasa yang mengakibatkan peminjaman bahasa dan faktornya.

 

Masyarakat akan selalu memandang bangsa yang mempunyai peradaban yang maju dengan perasaan sempurna. Bila kita sudah berpresepsi seperti itu maka kita akan selalu meniru apa yang dilakukan pihak yang mendominasi. Semisal budaya populer korea deh kalau saya ajukan contoh. Pun yang terjadi pada bahasa orang-orang Indonesia yang kian hari kian sering menggunakan bahasa Inggris – sedikitnya pencampuran dua bahasa - sebagai bahasa yang mereka gunakan sehari-hari.