Board Game Sebagai Media Pembelajaran Sejarah

Santri MBS Syamsul 'Ulum

Pengantar: Kreatifitas Seorang Guru

Pada tulisan sebelumnya telah dibahas bagaimana cara menggunakan aplikasi google earth dalam pembelajaran sejarah. Begitu juga dengan kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi tersebut.

Selama menggunakan metode tersebut, sangat terasa hawa berbeda yang didapat selama di kelas. Para murid ikut merasakan visual yang disajikan dalam slide-slide. Mereka tentu terlihat antusias dan lebih fokus memperhatikan materi.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang bisa dijadikan media pembelajaran, khususnya, sejarah. Seperti menggunakan aplikasi Videoscribe atau bahkan Powerpoint. Selama kita bisa mengolah dan menggunakanya dengan kreatif maka para murid akan ikut antusias.

Setidaknya memang begitulah kewajiban seorang guru, apalagi dizaman tekhnologi idustri yang banyak disebut orang 4.0. Mau tidak mau para pengajar harus menguasai sekaligus mempunyai ide kreatif untuk menggunakannya.

Selama ada interaksi menarik dengan para murid maka kesenanganpun akan terasa pada seorang pengajar. Dan itulah yang dirasakan oleh penulis ketika menyajikan suatu board game sebagai media pembelajaran sejarah. Meski bukan berbasis tekhnologi berbasis komputer tapi dengan adanya board game penyampaian materipun tidak kalah penting.

Dibangun Dengan Narasi Sejarah

Board game yang menarik adalah dengan menyertakan narasi sejarah sebagai pengantar cerita. Pengantar ini kelak akan menjadi sebuah alur bagaimana para pemain memulai permainan game tersebut. Selain adanya latarbelakang sejarah, tema perjalanan atau petualangan akan menambah nilai lebih.

Karena dibangun dengan narasi sejarah maka dalam permainan tersebut terdapat elemen atau unsur-unsur sejarah yang berkaitan dengan tema cerita. Seumpamanya, penulis kemarin mencoba memberikan pembelajaran board game ini dikelas.

Untuk mempertahankan agar permainan ini masih satu jalur dengan materi inti pembelajaran maka penulis memilih board game yang benar-benar mempunyai cerita sejarah tentang Islam. Oleh karena pada waktu itu materi masih berkutat pada masuknya Islam ke Nusantara maka boar game yang dipilih adalah tentang perjalanan Ibnu Batutah pada abad ke 14.

Dimana perjalanan yang dilakukan oleh Ibnu Batutah ini menjadi satu sumber penting mengenai kerajaan Samudera Pasai yang ada di Sumatera. Bukan hanya itu, deskripsi yang ada dalam memoar Ibnu Batutah, dijelaskan juga mengenai hasil komoditas yang ada di Sumatra kala itu. Ada juga pembahasa kondisi kerajaan dan tentang pembahasan keberagamaan Islam yang ada di Samudera Pasai.

Bagi penulis, board game ini, yang berjudul Traveler: The Greatest Journer in History merupakan salah satu board game terbaik yang pernah dibeli. Selain memang bermanfaat ternyata penulis juga sangat gemar mengkoleksi game game board tentang sejarah.

Permainan Interaktif: Sebuah Kebersamaan

Penulis dan Anak-anak

Hal pertama yang ditekankan kepada para murid ketika bermain game ini adalah tidak penting siapa yang menang, yang penting kalian bermain, tertawa, serius dan bersenang-senang. Karena namanya sebuah permainan kalau tidak dimainkan secara bahagia maka otomatis tidak akan ramai.

Dalam permainan yang sangat interaktif ini sesuatu chemistry harus dibangun dengan baik. Karena ada sebuah kebersamaan yang diharuskan dalam permainan board game ini. Kebersamaan tersebut hanya dibatasi oleh peraturan-peraturan game yang memang sudah disiapkan dengan baik. Jadi keempat orang yang bermain dalam game ini, misalnya, mereka mempunyai jalan ceritanya masing-masing.

Kebersamaan inilah yang harus selalu dibangun oleh para pengajar dimanapun itu berada. Apalagi para murid ditempat penulis mengajar adalah para santri. Mereka adalah orang yang selama beberapa tahun akan hidup berdampingan sebagai seorang teman atau sahabat. Maka untuk sedikit mempererat agar hubungan mereka terjalin dengan baik, hal-hal seperti board game ini nampaknya memang memiliki arti tersendiri.

Selain sangat interaktif, board game ini memuat informasi sejarah yang bakal mudah diingat oleh para pemain. Bukankah kita merasa gampang mengingat kalau hal-hal tersebut dilatarbelakangi dengan perasaan bahagia? Nah board game ini, secara tidak sadar, akan membantu para murid agar mudah mengingat tokoh-tokoh sejarah, khususnya sejarah Islam, yang ada dalam pengantar game ini.

Kelebihan dan Kekurangan Board Game

Tentu ada kelebihan dan kekurangan ketika kita menggunakan media board game ini sebagai pembelajaran sejarah. Seperti misal kelebihannya:

  • Interaktif - Interaksi
  • Informasi sejarah yang mudah diingat
  • Tidak membosankan
  • Permainan berkembang

Sedangkan kekurangannya, hemat penulis, adalah:
  • Harga board game biasanya agak mahal, tambah mahal tambah bagus featurenya
  • Para murid kadang kesulitan dalam memahami cara bermain
  • Satu kali waktu bermain cuman bisa menyertakan 4 pemain

Penutup

Sebetulnya, baik itu kelebihan dan kekurangan, keduanya relatif bisa dikondisikan. Yang paling terpenting adalah bagaimana kita sangat berwajib untuk menyampaikan muatan sejarahnya. Adanya media board game ini tentu sangat membantu seorang pengajar seperti penulis. Karena sedikit membantu memudahkan penyampaian materi isi.

Namun kembali lagi kepada kita, apapun itu bisa dijadikan sebuah media pembelajaran, selama materi utama bisa tersampaikan dengan baik. Penulis tidak memaksa untuk menggunakan board game ini sebagai media wajib untuk menyampaikan sejarah. Akan tetapi tidak ada salahnya bila kita mencobanya, bukan?