Tips Menulis Bersama Socrates -->

Tips Menulis Bersama Socrates

January 30, 2010,
Mungkin kalian pernah merasakan betapa sulitnya mencari inspirasi untuk menulis atau diantara kalian ada yang merasa sangat sulit mendapatkan tema apa yang menarik yang bisa ditulis. Mendapati hal seperti itu tentu sangat menjengkelkan sekalikan? Lalu apa yang kalian lakukan untuk mencari solusi permasalahan tersebut? Apakah kalian berhenti begitu saja tanpa adanya sebuah keinginan untuk mencari sebuah inspirasi?

Menurut pengalaman penulis sendiri sebelum menulis sesuatu, baik itu tulisan berupa cerita, artikel, berita ataupun lagu, ada hal yang bisa menyambungkan apa yang dirasakan dengan apa yang dituliskan, mungkin bisa disebut juga sebuah inspirasi. Semua harus melewati proses yang lumayan begitu panjang, seorang penulis harus bisa memaknai apa yang akan ia tulis, setidaknya biar para pembaca mengerti apa makna pesan yang tersiratkan dalam tulisannya.

Menurut penulis yah, keinginan untuk menulis sesuatu itu, pasti akan muncul ketika mendapatkan hal yang membuat hati tidak puas, rasa kagum ataupun ingin sedikit menjelaskan atau menambahkan kembali apa yang telah dibaca dengan penyampaian yang berbeda pula. Nah biasanya ketika tahapan tersebut sudah didapat, ada pesan dari Socrates yang kiranya bisa membantu teman-teman yang sedang merasa buntu untuk menulis. Marilah kita melangkah dengan metode socrates:

  1. COBALAH DULU untuk mencari/berimajinasi tentang apa saja yang bisa merangsang aku untuk menulis, LALU CERITAKAN apa yang aku dapat dari pencarian tadi dan biarkan semua itu mengalir tanpa ada rasa takut kalau ada yang salah. terbukti sekarang aku bisa menulis tema ini.
  2. "PAHAMI", yah memang benar sih aku harus memahami sepenuhnya, biar nanti tidak akan menemui kesulitan dalam merangkai cerita atau tema yang akan dibahas, seenggaknya aku sudah memegang kompas dalam perjalanan, bila ku tersesat, itu akan sangat membantu sekali untuk mencari jalan keluarnya :). memang benar untuk menjawab sesuatu itu kita harus memahami dulu, barulah aku mengerti salah satu kunci untuk mendapatkan inspirasi itu adalah "PAHAMI" Barulah aku bisa MENJAWAB kebingunganku dan menuliskannya.
  3. Ketika aku memahami, aku juga berpikir dengan berjuta tanya, aku mencari apa yang membuatku susah mendapatkan si inspirasi itu. Ayo PIKIRLAH jack ! setelah lama aku berpikir-pikir dalam ruangan otakku yang lumayan kecillah dibanding orang pintar-pintar di DPR sana!aku ingin mengatakan sesuatu bahwa aku mendapatkannya. LALU AKU BERKATA dengan hati-hati, dan aku mulai menuliskannya.
  4. Ketika pada akhirnya aku diberikan kemudahan dan berhasil menulis sesuatu, tidak lupa aku akan MENDENGARKAN isi hatiku untuk MENILAI tulisanku sendiri. ia minimal ada yang bilang bagus toh.
Nah I have done, ketika kata-kata itu keluar dari mulut, serasa keluar dari jurang otak yang sudah buteuk, fiuhhh alhamdulillah aku sudah berusaha BERKERJA sebaik mungkin, semoga apa yang aku tulis ini menjadi inspirasi untuk teman-temanku sekalian, dan aku BERHARAP, semoga cahaya dari sang ilahi selalu menerangi jalanku selalu, yang memudahkanku untuk melangkah.

TerPopuler