Mansa Musa 1 - Raja Diraja Mali

Siapa sangka negara Mali yang kita kenal sekarang, secara stereotip, sebagai negara yang terbelakang pada dahulu mempunyai seorang raja diraja yang maha kaya raya? Keheranan pun akan nampak jelas bilamana kita melihat pada keadaan negara Mali sekarang yang banyak dilanda konflik, kemiskinan dan lain sebagainya.

Raja tersebut ialah Mansa Musa, atau nama lainnya, disebut juga dengan King of Mali. Mansa Musa sebagaimana dalam wikipedia dan beberapa artikel yang membahas sejarahnya dilahirkan pada tahun 1280 dan meninggal pada tahun 1337.

Mansa Musa adalah seorang muslim yang taat dan dermawan yang luar biasa. Sebagai seorang raja yang menguasai wilayh Mali pada umumnya dan Afrika utara nama Mansa Musa menjadi lebih terkenal karena rihlah/perjalanannya yang sampai sekarang masih dikenang sebagai satu perjalanan yang tak biasa.

Sebagai seorang muslim yang taat maka sudah sepatutnya ia akan merindukan kota mekah dan madinah. Kota yang menjadi cikal bakal peradaban besar agama Islam. Namun selama dalam perjalanannya Mansa Munsa tidaklah sendiri dan tidaklah seperti orang biasanya yang melakukan suatu rihlah, seperti yang telah dilakukan oleh Ibnu Bathutah.

Sebagai seorang Raja yang kaya raya ia membawa banyak bawaan termasuk, 500-1000 orang pengawal/budak, membawa emas yang banyak dalam tunggangan Unta, dan 80 unta lainnya. Disetiap perjalanannya Mansa Munsa menorehkan kebaikannya dengan berbagi untuk kemaslahatan.

Sejak saat itu Mansa Musa dikenal baik oleh saudara-saudara muslim yang ada ditimur tengah dan sekitarnya sebelum ketenaran dan kekayaan itu diketahui oleh orang-orang Eropa. You know what's next happen? See the video below!!

By: Muhammad Zaki Al Aziz

Hai, selamat datang di website personal saya. Perkenalkan nama saya Muhammad Zaki Al Aziz, asli dari Bandung. Dulu pernah sekolah di Darul Arqam, Sastra Inggris S1 dan Sejarah Kebudayaan Islam S2 UIN. Sekarang saya adalah seorang Guru di MBS di Bandung.

Post a Comment

Post a Comment