Selamat Menjalankan Ibadah Puasa


Alhamdulillah pada kesempatan ini saya masih bisa menulis sekata dua kata didalam blog pribadi ini, bagi saya hal ini merupakan sesuatu yang harus disyukuri karena saya masih diberikan kesehatan dan kemampuan untuk melakukan aktivitas selama didunia ini. Aku bersyukur kepada Allah SWT yang masih memberikan kesehatan jiwa dan raga, karenanya aku masih bisa bernafas dan bersyukur menikmati nikmatnya hidup dalam kebahagiaan.

Khusus pada postingan kali ini, izinkanlah saya untuk menulis sebuah tulisan mengenai rasa syukur yang teramat sangat karena Gusti Allah masih mengizinkan saya untuk bertemu dengan bulan yang penuh hikmah yaitu bulan ramadhan. Bulan yang dimana kita bisa melatih perasaan emosi dan perasaan nafsu selama berpuasa, selain melatih diri dalam memanage perasaan, kita juga diberikan 
anugerah yang sangat berlimpah sekali dibulan ramadhan yang mulia ini, karena pada bulan suci ramadhan terdapat banyak kesempatan menemukan berlian-berlian pahala yang mungkin masih belum bisa temukan pada bulan selain ramadhan. Seperti termaktub dalam salah satu hadits yang mengatakan bahwa Bulan yang paling utama adalah bulan Ramadhan, dan hari yang paling utama adalah hari Jum’at (HR At-Thabarani)

Barangkali saya tidak memungkiri bahwa memang benar rindu ini terasa seperti begitu mengguncang hati, alangkah indahnya bila dalam sebulan yang akan saya lewati nanti diisi oleh kegiatan-kegiatan postitif sebagai penambah pahala untuk bekal nanti di Akhirat. Itu sebabnya banyak orang-orang muslimin sangat merindukan kehadiran bulan suci ramadhan ini. Tiada bisa dibandingkan betapa besarnya Allah menyayangi kita dengan menghadiahi kita bulan yang penuh hikmah ini, oleh karena itu kiranya kita harus senantiasa untuk bersyukur karena Allah SWT masih memberikan waktu untuk bertemu dengan bulan ramadhan.

Semua keutamaan yang ada dalam bulan suci ramadhan haruslah senantiasa diiringi dengan ketentuan-ketentuan yang telah diberikan oleh Allah kepada kita, salah satu ketentuan yang tidak boleh kita langgar adalah dengan melakukan ibadah puasa selama sebulan lamanya. Ibadah puasa ini diwajibkan bagi setiap muslim dan muslimat diseluruh dunia, terkecuali teruntuk orang-orang yang mempunyai halangan yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan ibadah puasa.

Oleh karena itulah marilah kita senantiasa untuk memperbanyak pahala kita dibulan yang penuh hikmah ini, perlulah kita mengingat akan filosofi air yang isinya antara lain "Air tak mengalir begitu saja, dia bercabang mengendap ke tanah, lalu menghidupkan. Air yang mengalir begitu saja, takan membekas dia pernah singgah didunia". Ada pesan yang teramat penting dalam filosofi ini bahwasanya ketika kita diberi kesempatan hidup didunia maka ingatlah selalu bahwa kita hidup bukan hanya sekedar untuk menikmati dunia akan tetapi kita harus senantiasa untuk berbuat pahala dan berguna bagi orang lain, hal itulah yang akan menjadi penolong kita diakhirat nanti. Sebaliknya kalau dalam hidup ini kita hanya sebatas menikmati dunia (hubbudunya) dan melupakan akhirat maka tiadalah guna kita diberi nyawa oleh maha kuasa untuk menikmati kehidupan.

Begitulah kiranya saya sangat ingin sekali berbagi rasa rindu bersama kalian, rindu bertemu dengan bulan yang kehadirannya hanya setahun sekali namun mempunyai beribu aura keutamaan yang berlipat. Kiranya tulisan ini dapat membantu memotivasi saudara-saudara saya dalam memaknai bulan suci ramadhan yang indah ini. Saya pribadi ingin sekali mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa untuk semua saudara-saudariku yang melaksanakan, semoga Gusti Allah senantiasa meridhoi setiap langkah keikhlasan kita untuk menjalani kewajibannya, Amin.