Indonesia

Pertemanan Hairuddin Barbarosa dan Seorang Yahudi


Mendengar kata Yahudi mungkin dalam ruang pikiran kita terlintas bagaimana perlakuan mereka terhadap orang-orang Palestina. Sayapun termasuk orang yang tidak setuju dengan perlakuan mereka bahkan sampai saat ini. Tapi saya termasuk orang yang tidak menutup hati rapat-rapat tentang hal itu. 

Simplenya saya selalu terbuka terhadap apapun itu yang bisa merubah cara memandang saya terhadap mereka. Seperti misalnya terhadap foto yang saya upload ini. Dua orang berjanggut ini adalah ibarat sepasang dua koin yang satu sama lain selalu bersama. Mereka adalah Hairuddin Barbarossa dan Sinan Reis. Hairuddin Barbarossa adalah salah satu pelaut unggul yang pernah ditakuti kerajaan Spanyol pada abad 15-an. 

Sedangkan Sinan Reis adalah kapten atau orang kepercayaan Barbarossa. Meskipun mereka berbeda keyakinan Hairuddin Barbarossa merupakan keturunan bangsa Turk yang hidup di Lesbos sedangkan Sinan Reis merupakan orang Yahudi yang pernah tinggal di Spanyol tapi perbedaan tersebut dicairkan dengan luas lautan yang mereka kuasai bersama. 

Dalam perjalanannya Haeruddin Barbarossa dikenal juga dengan sebutan "Pria Berjanggut merah" "bajak laut" "perompak" dan sebagainya. Bagi kalangan Eropa pada saat itu mungkin dia dianggap bajak laut tapi sebenarnya apa yang dia lakukan hanya untuk membalas kematian kakaknya yang dilakukan para pelaut dari Knight of Rhodes. Ditambah pada waktu itu kerajaan Spanyol mulai menjalankan aksi "Reconquista". Bahkan kalau kita ngeuh juga representasi bajak laut dengan orang yang berjanggut merah itu selalu tayang di beberapa film Hollywood.

Share this post

Post a comment

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Previous Post
Older Post