LABELS

Agama (14) Analisis (31) Filsafat (18) Kajian budaya (34) Medieval Indo (7) My opinion (16) Puisi (35) Sastra (50) sejarah (34)

ARCHIVE

Mari Belajar Filipino Awal

Perlu diketahui bahwasanya Filipino dan Tagalog itu adalah berbeda meskipun kedua bahasa tersebut menjadi bahasa yang selalu dipakai oleh orang-orang Filipina.

Adapun letak perbedaannya ialah Filipino menjadi bahasa nasional negara Filipina sedangkan Tagalog adalah termasuk bahasa yang pemakaiannya terbatas pada peta linguistik. Artinya Filipino menjadi lingua franca bagi orang-orang disana. Meskipun begitu Filipino, yang menjadi bahasa resmi negara Filipina sekarang, mempunyai akar kuat yang berasal dari Filipino serta campuran bahasa dengan Spanyol dan juga Bahasa Inggris.

Pada kesempatan ini saya hanya ingin berbagi sedikit ilmu bahasa Filipino yang saya dapatkan dengan mengikuti kursus online di Udemy - salah satu website portal yang berisikan materi kursus online terbesar yang ada didunia. Silahkan cek disini - Udemy Filipino - untuk mengetahui laman Udemy dan kursus bahasa Filipino yang saya ikuti.

Pembelajaran Pertama

Pada umumnya ketika seorang guru bahasa mengajar, apapun itu bahasanya, maka pertama keleus - kali - yang akan dibahas adalah hal ihwal pembukaan (Sambutan) atau dalam bahasa Inggris sering disebut greeting. Metode natural yang mengadopsi pada pandangan bagaimana bayi belajar bahasa ketika pertama kali terlahir kedunia.

Untuk mempersingkat waktu marilah kita mulai dengan mempelajari bagaimana mengatakan Hello/Hai, bertanya tentang kabar dan bagaimana menjawab pertanyaan itu dengan bahasa Filipina alias Filipino.


  • Selamat datang = Mabuhay
  • Hello = Kumusta!!  >> Kumusta!!
  • Bagaimana kabarmu? Kumusta?  >> Mabuti naman atau Ayos lang.
  • Dadah = Paalam!!
  • Hati-hati = Ingat
Sekarang cobalah untuk membaca ulang kata perkata diatas sebanyak 5 sampai 10 kali. Selanjutnya, untuk mengingat pembedaharaan kata baru maka kita harus mepraktekan kata-kata diatas dalam kehidupan sehari-hari. Gudlak :)
Sekarang muncul pertanyaan kenapa kumusta bisa memiliki arti berbeda?

Untuk sementara jawaban yang bisa saya berikan hanya terbatas pada bagaimana kontek dan penekanan seseorang dalam menempatkan dan mengucapkan kata tersebut.
  • Selamat pagi = Magandang umaga
  • Selamat siang = Magandang tanghali
  • Selamat sore = Magandang hapon
  • Selamat malam - Magandang gabi
  • Good day = Magandang Araw
Sekarang cobalah untuk membaca ulang kata perkata diatas sebanyak 5 sampai 10 kali. Selanjutnya, untuk mengingat pembedaharaan kata baru maka kita harus mepraktekan kata-kata diatas dalam kehidupan sehari-hari. Gudlak :)
Struktur yang ada pada kata-kata diatas setidaknya sama dengan yang ada di bahasa Indonesia. Apa yang harus kita lakukan untuk mudah menghapalnya hanya terletak pada bagian akhir dari kata selamat alias Maganda.
  • Selamat ulang tahun = Maligayang bati
  • Selamat tahun baru = Manigong bagong taon
  • Happy Anniversary = Maligayang Anibersaryo*
Sekarang cobalah untuk membaca ulang kata perkata diatas sebanyak 5 sampai 10 kali. Selanjutnya, untuk mengingat pembedaharaan kata baru maka kita harus mepraktekan kata-kata diatas dalam kehidupan sehari-hari. Gudlak :) 
Tanda bintang diatas menandakan bahwa kata tersebut merupakan ubahan dari kata anniversary. Dalam ilmu linguistik perubahan kata yang masih bisa dicari akar katanya lazim dikenal dengan istilah peminjaman bahasa atau Linguistic Borrowing.

Penutup 

Semoga postingan awal ini bisa bermanfaat bagi teman-teman. Dan pastikan teman-teman juga mengingat website saya ini, karena saya akan terus mengupdate tulisan selanjutnya dan beberapa tulisan tentang bahasa yang saya pelajari dari Udemy.

Thank you for your attention. Keep learning and Paalam!! 

1 comment

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah perusahaan yang bergerak dalam berbagai jenis bidang salah satunya adalah jasa jual dan sewa tenda. Kami menyediakan berbagai jenis tenda dengan kualitas terbaik dan juga harga terjangkau. Tenaga kerja kami yang profesional dan terlatih dengan cara kerja yang efektif dan efisien dalam membangun Tenda.

    Tenda yang kami sediakan adalah Tenda membran, Tenda kerucut, Tenda sarnafil, Tenda transparan, Tenda roder, Tenda dome, Tenda

    *Tenda Roder / Tenda Hanggar / Tenda Dome dengan bahan Tiang alumunium, Dinding dan Atap PVC (PVC atap 850gr Blackout, Pvc dinding 550gr Blackout).


    Tenda Roder sendiri biasa di gunakan sebagai:
    -Tenda vaksinasi
    -Tenda darurat Rumah sakit
    -Posko Pengungsian
    -Tenda Peresmian
    -Tenda Pameran
    -Tenda Gudang, dan masihbanyak fungsi lainnya


    Tenda Roder sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)


    *Tenda Transparan
    Tenda transparan itu memiliki kesan yang elegant karna bisa menampilkan suasana luar tenda dan sinar matahari ataupun binar binar luar tenda di malam hari, Tenda Transparan biasanya digunakan untuk:
    -Acara Wedding
    -Acara pesta
    -Acara pesta malam
    -Acara Event dan masih banyak lagi kegunaannya.


    *Tenda Kerucut / Tenda Sarnavil
    biasanya memiliki kegunaan untuk:
    -Bilik desinfektan
    -Event outdor
    -Posko pengamanan covid
    -Posko Polisi sementara

    Tenda - Tenda ini menjadi pilihan utama untuk berbagai jenis kebutuhan dengan skala yang besar, Karena meskipun sifatnya temporary / sementara tenda ini memiliki kenyamanan yang sama dengan bangunan permanen lainnya.

    Selain itu tenda ini sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis acara daari acara formal maupun non formal. tenda ini juga tidak memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)


    Untuk infirmasi pesanan lebih lanjut anda bia menghubungi 081316140397 RAHMA.
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.

    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/

    https://id.pinterest.com/tangerang0290/

    https://twitter.com/TangerangRoder

    https://www.instagram.com/tendarodertangerang1/

    https://sites.google.com/d/13ngcAypBp3gn-PdcA7XaRjpYZH8Cu3kM/p/1THW6hgDfmbFrFrMj9qbjdbOh4Fg7_



    #tendamurah #sewatendamurah #jualtenda #jualtendamurah #jualsewatenda #jualsewatendamurah #tendamembran #tendahanggar #tendasarnafil #tendabazar #tendakerucut #tendagudang #tendajualan #tendadarurat #tendavaksin #tendaevent #tendaroder #tendapabrik #tendacafe #tendajabodetabek #tendatangerang #tendabogor #tendalaris #tendakerucut #tendapameran #tendakarnaval #tendavaksinasi #tendakerucut #tenda #jualtenda #jualtendajakarta










    ReplyDelete